Sabtu, 13 Desember 2008

Tau Gak Sich

KETINDIHAN

Pernah gak sewaktu terjaga di tengah malam badan terasa berat dan gak bisa digerakkan??? Rasanya ada sosok lain yang hadir di kamar tidur dan mengawasi kita. lama-kelamaan kita juga susah bernafas karna tamu tak diundan itu menindih tubuh kita.

Bukan cuma di Indonesia
Fenomena itu yang sering disebut dengan ketindihan. kepercayaan semacam ini ternyata gak cuma ada di Indonesia aja. di Jepang kejadian ini dikenal dengan nama Kannasibaru yang artinya terikat kuat-kuat atau di Mexico yang disebut Subida Del Muerto. di Yunani Iblis Penigalion-lah yang mencekik dan menyebabkan kita sulit bernafas. sementara itu, domovoi, hantu penunggu rumah di Rusia sengaja menyerang karena si korban telah berselingkuh. Setan Popobawa di Zanzibar dan Iblis Inchubus bahkan lebih parah lagi. Selain menindih mereka juga memperkosa korban-korbannya. Yang pasti semuanya percaya bahwa memang ada makhluk halus yang duduk di atas tunuh kita.

Mistis, Gak juga...
Meski kedengarannya seram, tapi fenomena ini normal dan ada penjelasan secara biologisnya. Saat kita tidur otak kita akan memutuskan hubungan dengan sebagian besar saraf dan otot di seluruh tubuh kita. Biasanya hubungan otak otot ini akan langsung connect lagi saat kita bangun. Tapi kadang ketika otak kita terbangun, tubuh kita belum menerima respon dari otak dan masih tertidur. Pada tahap ini pulalah kita biasanya mendapatkan halusinasi, baik halusinasi suara, penciuman, penglihatan, bahkan sentuhan. Karena itulah saat ketindihan kita sering merasa mendengar suara langkah kaki, melihat penampakan, atau merasa bahwa ada yang menyentuh kita. Kondisi tubuh yang terhalusinasi ini ditambah dengan pikiran kita yang sudah terkontaminasi oleh cerita-cerita mistis menyebabkan kita percaya 100% bahwa kita memang sedang ditunggangi hantu. Nah hal ini menyebabkan otak kita menjadi panik dan akhirnya membuat kita sulit bernafas. Menurut ilmu biologi kondisi seperti ini disebut sebagai sleep paralysis ( sp )

Penelitian Medis
Dari sisi medis fenomena ketindihan ini termasuk dalam kategori sleeping disorder. Seperti penyakit lainnya SP juga timbul karena berbagai sebab misalnya faktor keturunan, tubuh yang terlalu capek, perubahan lingkungan, pola tidur yang gak teratur, rasa stress yang berkepanjangan atau konsumsi alkohol dan cafen sesaat sebelum tidur. Selain itu posisi tidur kita yang gak biasa juga ternyata berpengaruh. So perbaiki pola tidur kita dan hindari stress kalau gak mau mengalami ketindihan.

1 komentar:

nike_nuna mengatakan...

ih... serem bgt yaw klo kita xampe' ngalamiin ketindihan...moga2 q g ngalamin it tuch..

my slide show